RPP IPS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI Al-Barokah
Kelas/ Semester : IV/I
Mata pelajaran : IPS
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 25 menit
A Standar Kompetensi
1. Memahami
Sejarah Kenampakan Alam Dan Keragaman Suku Bangsa dan Lingkngan Kabupaten /
Kota dan Provinsi
B Kompetensi Dasar
1.3 Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten,
kota, provinsi) dengan skala sederhana.
C Indikator Pencapaian
1.1.1 Menjelaskan pengertian peta
1.1.2
Menjelaskan jenis-jenis peta
1.1.3 Menjelaskan komponen-komponen peta
1.1.4 Menghitung Skala peta
1.1.5 Membaca peta kabpaten
Jember
D Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
mempelajari pengertian peta dengan metode tanya jawab, siswa mampu menjelaskan
pengertian peta dengan benar.
2. Dengan
mempelajari jenis-jenis peta menggunakan metode ceramah, siswa mampu
menjelaskan jenis-jenis peta dengan baik.
3. Dengan
mempelajari komponen-komponen peta menggunakan metode ceramah, siswa mampu menyebutkan
komponen-komponen peta dengan tepat.
4. Dengan
mempelajari cara menghitung skala peta menggunakan metode ceramah, siswa mampu
menghitung skala peta dengan benar.
5. Dengan
mempelajari komponen-komponen peta menggunakan metode diskusi dan demonstrasi,
siswa mampu membaca peta kabupaten Jember melalui simbol-simbolnya dengan
benar.
E Materi Ajar
Peta dan komponennya
F Metode Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, dan,
pemberian tugas.
G Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
awal ( 3 menit)
· Guru
mengucapkan salam dan peserta didik menjawab salam
· Guru
menanyakan kabar siswa pada hari ini.
·
Sebelum memulai
pelajaran guru memimpin siswa untuk membaca basmalah secara bersama-sama dengan
harapan pembelajaran berjalan dengan lancar.
· Guru
mengecek siswa yang tidak masuk.
· Guru
dan siswa menyanyikan sebuah lagu berjudul “Peta”.
·
Guru menanyakan kepada
siswa tentang isi dari lagu tersebut, kemudian mengaitkannya dengan materi
pelajaran pada saat ini.
2. Kegiatan
Inti (20 menit)
Eksplorasi
·
Guru menanyakan
kepada siswa tentang pengertian peta guna mengetahui wawasan awal peserta didik.
·
Guru menjelaskan
tentang jenis-jenis peta
·
Guru menjelaskan
tentang komponen-komponen peta
·
Guru menjelaskan
cara menghitung skala peta
Elaborasi
·
Guru memberi
penugasan kepada siswa untuk mengulas peta kabupaten Jember (meliputi jumlah
kecamatan, batas-batas kabupaten jember,baik utara, selatan, barat, maupun
timur).
Konfirmasi
·
Mengoreksi hasil
kerja siswa, siswa dengan cara bergiliran mempresentasikian di depan kelas.
·
Guru memberikan
penguatan (pujian) kepada siswa yang maju.
·
Memberi PR
kepada siswa berupa tes uraian.
3. Penutup
(2 menit)
·
Bersama guru,
siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari ini.
·
Guru memandu
siswa untuk membaca hamdalah bersama-sama.
·
Siswa memberi
salam kepada guru.
H Media dan Sumber
a. Media:
·
Peta Kabupaten
Jember
·
Power Point
b. Sumber
:
·
Retno Heny Pujianti.
2008. Cerdas Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·
Irawan Sandad
Sadiman. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI kelas I. J akarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
·
Radjiman A. Triyono.
2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelaas 4. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·
Sutoyo Leo
Agung. 2009. IPS untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
I
Penilaian
Hasil Belajar
a. Bentuk
Tes : Tes tulis
b. Jenis
tes : Uraian
c. Sistem
penilaian: Betul x 10.
Jember,
11 Oktober 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Wali
Kelas IV
(…………………..) (Iif Nur Hidayah)
Lampiran:
|
Materi pembelajaran:
1. Pengertian peta secara umum
adalah gambaran permkaan bumi yang digambarkan pada bidang datar dengan
menggunakan skala tertentu.
2. Jenis-jenis peta
Berdasarka isi informasinya
petadibedakan menjadi dua macam yait peta umum dan peta tematik (khusus)
1) Peta
umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan seluruh
kenampakan permukaan bumi.peta ini memuat berbagai informasi, seperti
kenampakan alam maupun kenampakan budaya. Kenampakan alam antara lain, berupa
gunung, sungai, danau, pulau dan laut. Sedangkankenampakan social misalnya:
batas wilayah, jalan raya, jalan kereta api, kota, Bandar udara, pelabuhan, dan
sebagainya.
2) Peta
khusus
Peta tematik adakah peta yang
menunjukkan peta tertentu. Peta ini memuat jenis informasi tertentu atau khsus
sehingga sering disebut peta khusus contoh peta khsus contohnya: peta
pariwisata, peta fauna, dan sebagainya.
3. Komponen-komponen peta
Peta mempunyai komponen-komponen, diantaranya:
a. Judul
peta
Judul peta merupakan identitas atau nama untuk
menjelaskan isi peta. biasanya terletak di bagian atas.Judul peta judul peta
merupakan komponen yang penting. Biasanya sebelum memperhatikan isi peta, pasti
seseorang terlebih dahulu membaca judulnya.
b. Legenda
Legenda merupakan keterangan yang berisi
gambar-gambar dan simbol-simbol beserta artinya. Legenda biasanya terletak di
bagian pojok kiri bawah peta.
c. Skala
Skala merupakan pembanding jarak antara dua
titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bmi.misalnya skala 1:
200.000. skala ini artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 200.000 cm atau 20
kmjarak sebenarnya.
d. Simbol
Smbol merupakan lambang-lambang atau
gambar yang menunjukkan obyek alami atau buatan.
Berikut ini adalah simbol-simbol
yang biasa digunakan pada peta:
1)
Simbol titik:

![]() |
2)
Simbol garis:

3)
Simbol wilayah

4) Simbol
warna
Hijau= menggambarkan dataran rendah
Kuning= menggambarkan dataran tinggi
Coklat= menggambarkan pegunungan/gunung
Putih= menggunakan puncak salju
Merah= menunjukkan batas wilayah dan jalan raya
Biru= mennjukkan perairan
Hitam= kota, gunung, jalan kreta api
e. Mata
angin (orientas)
Merupakan pedoman atau petnjuk arah
(utara,selatan, barat, maupun timur) mata angin pada peta biasanya berupa tanda
panah yang menunjuk kea rah utara. Mata angin sangat penting keberadaannya
supaya tidak terjadi kekeliruan arah.
f. Garis
astronomis
Garis astronomis merupakan garis khayal di atas
permukaan bumi. Garis astronomis terdiri dari garis lintang dan garis bujur.
Garislintang merupakan garis dari timur ke baratsedangkan garis bujur merupakan
garis dari utara ke selatan.
g. Garis
tepi
Merupakan garisyang dibuat mengelilingi
gambar peta untuk menunjukkan batas peta tersebut.
h. Tahun
pembuatan peta
Tahun pembuatan peta menunjukkan kapan
peta itu dibuat. Dari tahun pembuatan itu kita dapat mengetahui peta tersebut
masih sesuai atau tidak untuk digunakan saat ini.
i. Insert
peta
Insert peta merupakan gambar peta yang
ingin diperjelas. Insert peta digambar bila diperlukan. Insert peta ini disebt
juga peta sisipan.
j. Tata
warna
Tata warna merupakan pewarnaan pada
peta untuk membedakan obyek satu dengan yang lainnya. Misalnya warna coklat
menunjukkan dataran rendah dan biru menunjukkan perairan.
1. Menghitung
jarak sebenarnya pada peta dapat dilakukan dengan menggunakan skala angka atau
skala garis,seperti contoh dibawah ini:
1)
![]() |
Skala 1: 500.000 jaraksebenarnya kota
A-B

1
=3.000.000 cm atau 30 km.
![]() |
2)
Setiap 1 cm = 15 km.
Jarak sebenarnya kota A-B= 30 km
Skala garis di atas berarti 1 cm di
peta sama dengan 15 km jarak sebenarnya.
Tes Tulis:
Diskusikanlah bersama
kelompokmu soal-soal berikut!
1. Sebtkan
jumlah kecamatan di kabupaten Jember!
2. Sebutkan
batas-batas kabupaten Jember (baik utara, selatan, barat, maupun timur)!
Isilah titik-titik di
bawah ini dengan tepat!
1. Untuk
lebih memudahkan memahami isi peta maka melihat … peta terlebih dahulu.
2. 
lingkaran kecil ( ) melambangkan?


3. Makna lambing ini adalah?
4. Warna
biru pada peta menunjukkan?
5. Segi
tiga merah pada peta menunjukkan?
6. perbandingan
antara ukuran di peta dengan ukuran sebenarnya di muka bumi disebut ?
7. Kabupaten Jember ada . . . kecamatan.
8. Garis
yang membujur pada peta disebut garis?
9. 1
: 500.000 artinya:
10. Sebutkan
batas-batas peta kabupaten Jember (Utara, Selatan, Barat, dan Timur)!
Jawaban:
1. Judul
2. Kota
kecil
3. Jalan
kereta api
4. Wilayah
perairan
5. Gunung
api aktif
6. Gunung
api tidak aktif
7. 31
8. Garis
bujur
9. Garis
1 cm pada peta sama dengan 500.000 cm/ 1 km pada jarak sebenarnya.
10. Utara:
probolinggo dan bondowoso
Selatan: lautan Indonesia
Barat: Lumajang
Timur: Banyuwangi
Komentar
Posting Komentar