ilmu ashwat waqof
BAB
WAQOF
Waqof menurut bahasa artinya :
berhenti atau menahan, dan menurut istilah artinya : menghentikan suara dan perkataan sebentar ( menurut adat ) untuk bernafas bagi qori’ ,
dengan niat untuk melanjutkan bacaan lagi , bukan berniat untuk meninggalkan
bacaan tersebut.
Waqof itu boleh dilakukan hanya
pada akhir ayat ( penghabisan ayat ) dan bernafas , tidak boleh di pertengahan
antara dua kata yang bentuk tulisannya bersambung .
PEMBAGIAN
WAQOF
Secara umum waqof dibagi 4 :
1)
Idlthiroriy artinya terpaksa , yaitu
dilakukan oleh qori’ karena kehabisan nafas ,batuk, lupa dan sebagainnya.Dalam
hal ini qori’ boleh berhenti pada perkataan manapun yang ia sukai dan ia wajib
memulai baca lagi dari perkataan dimana ia berhenti , jika ibtida’ disitu
dibenarkan ( tidak merusak makna kalimat )
2)
Intidhoriy artinya berhenti
menunggu, yaitu qori’ berhenti pada sebuah kata yang perlu untuk menghubungkan
dengan kalimat wajah lain pada bacaannya ketika ia menghimpun beberapa qiroat
karena adanya perbedaan riwayat.
3)
Ikhtibariy artinya berhenti diuji ,
yaitu ketika qori’ diuji untuk menerangkan al- moqthu’( kata terpotong) . Qori’
boleh berhenti hanya karena hajat atau keperluan , seperti ditanya oleh penguji
atau karena sedang mengajar.[1]
4)
Ikhtiariy artinya berhenti yang
dipilih . Waqof ikhtiariy inilah waqof yang disengaja atau dituju atau dipilih
bukan karena sebab- sebabyang telah lewat pada nomor 1,2,dan 3
Waqof
ikhtiariy ini dibagi menjadi 4 macam :
1.
Waqof Tam ialah berhenti pada
perkataan yang sempurna susunan kalimatnya , tiada berkaitan dengan kalimat
sesudahnya , baik lafadh maupun maknanya.
Pada umumnya
terdapat di akhir ayat dan ketika habis qisshoh.
2.
Waqof Kafi ialah berhenti pada
perkataan yang sempurna susunan kalimatnya , tetapi masih berkaitan makna
dengan kalimat sesudahnya , tidak berkaitan lafadnya.
3.
Waqof Hasan ialah berhenti pada
perkataan yang sempurna susunan kalimatnya, tetapi masih berkaitan makna dan
lafadnya dengan kalimat sesudahnya.
4.
Waqof Qobich ialah berhenti pada
perkataan yang tidak sempurna susunan kalimatnya karena berkaitan dengan lafadh
dan makna perkataan atau kalimat sesudahnya .[2]
TANDA WAQOF
لازم
: م = Harus berhenti.
ممنوع: لا =
Tidak boleh berhenti tanpa mengulang .kecuali pada ro’s ayah
, boleh tidak mengulang.
جائز:ج =boleh
berhenti, boleh tidak
الوقف اولى:قلى =
boleh terus , berhenti lebih baik
الوصل اولى:صلى = boleh berhenti, terus lebih baik
معانقة: hanya boleh
berhenti pada salah satu
مطلق: ط = boleh terus, berhenti lebih baik
مجنوز: ز
= boleh berhenti, terus lebih baik
مرخص:ص
=
boleh berhenti, terus lebih baik
قيل وقف:ق
= sebagian kecil qurro’ membolehkan
berhenti
وقف:وقف = baik berhenti dan tidak salah
kalau terus
سكتة:س = berhenti sejenak tanpa bernafas
Komentar
Posting Komentar