ilmu ashwat waqof




BAB
WAQOF
Waqof menurut bahasa artinya : berhenti atau menahan, dan menurut istilah artinya : menghentikan suara  dan perkataan sebentar  ( menurut adat ) untuk bernafas bagi qori’ , dengan niat untuk melanjutkan bacaan lagi , bukan berniat untuk meninggalkan bacaan tersebut.
Waqof itu boleh dilakukan hanya pada akhir ayat ( penghabisan ayat ) dan bernafas , tidak boleh di pertengahan antara dua kata yang bentuk tulisannya bersambung .
PEMBAGIAN WAQOF
Secara umum waqof dibagi 4 :
1)      Idlthiroriy artinya terpaksa , yaitu dilakukan oleh qori’ karena kehabisan nafas ,batuk, lupa dan sebagainnya.Dalam hal ini qori’ boleh berhenti pada perkataan manapun yang ia sukai dan ia wajib memulai baca lagi dari perkataan dimana ia berhenti , jika ibtida’ disitu dibenarkan ( tidak merusak makna kalimat )
2)      Intidhoriy artinya berhenti menunggu, yaitu qori’ berhenti pada sebuah kata yang perlu untuk menghubungkan dengan kalimat wajah lain pada bacaannya ketika ia menghimpun beberapa qiroat karena adanya perbedaan riwayat.
3)      Ikhtibariy artinya berhenti diuji , yaitu ketika qori’ diuji untuk menerangkan al- moqthu’( kata terpotong) . Qori’ boleh berhenti hanya karena hajat atau keperluan , seperti ditanya oleh penguji atau karena sedang mengajar.[1]
4)      Ikhtiariy artinya berhenti yang dipilih . Waqof ikhtiariy inilah waqof yang disengaja atau dituju atau dipilih bukan karena sebab- sebabyang telah lewat pada nomor 1,2,dan 3
Waqof ikhtiariy ini dibagi menjadi 4 macam :
1.      Waqof Tam ialah berhenti pada perkataan yang sempurna susunan kalimatnya , tiada berkaitan dengan kalimat sesudahnya , baik lafadh maupun maknanya.
Pada umumnya terdapat di akhir ayat dan ketika habis qisshoh.
2.      Waqof Kafi ialah berhenti pada perkataan yang sempurna susunan kalimatnya , tetapi masih berkaitan makna dengan kalimat sesudahnya , tidak berkaitan lafadnya.
3.      Waqof Hasan ialah berhenti pada perkataan yang sempurna susunan kalimatnya, tetapi masih berkaitan makna dan lafadnya dengan kalimat sesudahnya.
4.      Waqof Qobich ialah berhenti pada perkataan yang tidak sempurna susunan kalimatnya karena berkaitan dengan lafadh dan makna perkataan atau kalimat sesudahnya .[2]


TANDA WAQOF
لازم  :             م   = Harus berhenti.
ممنوع:            لا = Tidak boleh berhenti tanpa mengulang .kecuali pada ro’s                                           ayah , boleh tidak mengulang.
جائز:ج                         =boleh berhenti, boleh tidak
الوقف اولى:قلى       = boleh terus , berhenti lebih baik
الوصل اولى:صلى    = boleh berhenti, terus lebih baik
معانقة:                   hanya boleh berhenti pada salah satu
مطلق:               ط  = boleh terus, berhenti lebih baik
مجنوز:               ز = boleh berhenti, terus lebih baik
مرخص:ص            = boleh berhenti, terus lebih baik
قيل وقف:ق             = sebagian kecil qurro’ membolehkan berhenti
وقف:وقف              = baik berhenti dan tidak salah kalau terus
سكتة:س                 = berhenti sejenak tanpa bernafas


[1] K.H.M Basori Alwi Murtadho, Malang, Pokok-pokok ilmu tajwid hal 65
[2] Ibid , hal 75

Komentar

Postingan populer dari blog ini

isim adad

BATAS AWAL DAN AKHIR PENDIDIKAN

KARAKTERISTIK TES YANG BAIK